HOME, Keluarga

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Pot untuk Tanaman

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Pot untuk Tanaman

MOMSMONEY.ID - Pot tanaman merupakan salah satu solusi untuk memelihara tanaman di lahan yang terbatas. Menanam tanaman di dalam pot juga memiliki beberapa keuntungan lainnya. Misalnya, Anda dapat memindahkan lokasi tanaman dengan mudah, tanah lebih steril,  dan pemberian air serta nutrisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Pot tanaman tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan bahan. Meski fungsinya sama, beberapa pot ternyata tak memiliki syarat yang baik untuk tanaman. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini dalam memilih pot sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda.

Baca Juga: Ingin Tanam Sayur? Berikut Panduan yang Perlu Anda Ikuti agar Hasilnya Bisa Maksimal

Bahan

Memilih pot artinya Anda perlu mempertimbangkan bahan apa yang cocok dan bentuk yang sesuai dengan gaya estetika Anda. Ada banyak jenis bahan pot tanaman. Mulai dari plastik, kayu, tanah liat, porselen, hingga semen. Tak masalah apa yang Anda pilih, karena mereka memiliki fungsi yang sama sebagai wadah tanaman.

Namun, pot yang memiliki porositas akan lebih baik. Pori-pori ini bertujuan untuk memungkinkan air dan udara melewati dinding, mendinginkan tanah, serta membantu menyerap kelebihan air. Ini akan sangat cocok untuk tanaman yang tak menyukai kelembapan berlebih. Salah satu bahan pot yang memiliki porositas adalah pot tanah liat atau terakota.  

Lubang Drainase

Apapun pot yang Anda pilih untuk tanaman, asalkan memiliki drainase yang baik. Bisa dibilang ini adalah syarat penting untuk memilih pot. Drainase bertujuan untuk membuang sisa air yang telah diserap oleh tanah, sehingga lahan media tanam dapat berfungsi secara optimal. Pastikan pot tanaman memiliki ukuran lubang yang baik. Jika pot hanya memiliki sedikit lubang kecil atau sama sekali tak memiliki lubang, Anda dapat mengebor atau membuat lubang tertentu yang berukuran baik.

Baca Juga: Ketahui Jenis-Jenis Pestisida Berdasarkan Organisme Sasarannya

Ukuran

Berdasarkan bahan yang Anda pilih, ada banyak ragam ukuran. Ukuran ini diukur dari diameter lingkar permukaannya. Namun, Anda tak boleh hanya asal memilih ukuran untuk tanaman. Ukuran juga hal yang penting untuk dipertimbangkan karena bila pot terlalu kecil, tanaman akan cepat menjad akar dan tanah tidak mampu menahan kelembapan. Sementara pot terlalu besar akan membuat tanaman menghabiskan energi untuk pengembangkan akar, sehingga tidak cukup bertumbuh.

Triknya adalah dengan menyesuaikan bentuk dan jenis akar dari tanaman yang akan diberi pot. Dilansir dari Planetnatural.com, menurut Layanan Ekstensi Universitas Virginia Barat, tanaman berakar dangkal seperti selada, paprika, dan tanaman semusim lainnya membutuhkan pot berdiameter 6 inci atau sekitar 16 cm dengan kedalaman tanah 8 inci. Wadah yang lebih besar dibutuhkan untuk tanaman keras seperti palem, anthurium, monstera, dan sebagainya. Sementara pot-pot kecil cocok untuk sukulen dan kaktus mini.

Berat

Tanah yang lembap akan menjadi lebih berat dibandingkan tanah kering. Bila pot Anda sendiri sudah berat, ini akan mempersulit Anda memindahkan tanaman ke lokasi lain. Apalagi jika Anda berkebun di balkon atau tanaman yang sering dipindah keluar untuk mendapat sinar matahari beberapa jam lamanya.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan berat pot sebelum menaruh jenis tanaman. Anda disarankan untuk mempertimbangkan berat total (tanah+pot+tanaman+air). Pot berbahan plastik biasanya memiliki berat yang lebih ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News