HOME, Keluarga

4 Hal yang Bisa Bikin Masakan Gagal, Moms Wajib Tahu!

4 Hal yang Bisa Bikin Masakan Gagal, Moms Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Memasak sekilas terlihat mudah, apalagi jika mengikuti resep yang ada di buku ataupun internet. Tapi nyatanya, terdapat beberapa hal yang bisa bikin sebuah masakan jadi gagal, loh!

Agar terhindar dari kegagalan dalam memasak, Anda perlu beberapa tips berikut ini.

Melansir dari Primarasa dan Pondan, yuk simak 4 hal yang bisa bikin masakanmu jadi gagal!

Baca Juga: Rendang Buatanmu Gagal? Intip 3 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Masak Rendang

Kurang memperhatikan resep makanan

Memasak

Baca Juga: Mengenal 4 Level Roasting Kopi yang Mempengaruhi Rasa dan Warna Biji Kopi

Kurang memperhatikan resep secara saksama rupanya bisa bikin masakanmu gagal, loh! Hal ini disebabkan karena di dalam resep biasanya terdapat hal-hal mendetail yang harus dikerjakan.

Sebaiknya, sebelum memasak, baca resep secara saksama dan bayangkan per tahapannya selagi dibaca. Selain itu, jangan lupakan detail bumbu yang akan dimasukkan terlebih dahulu agar tidak melakukan kesalahan saat memasak.

Baca Juga: 4 Tips Aman Menyimpan Daging Sapi di Dalam Kulkas Agar Tetap Awet Dalam Jangka Lama

Minyak belum panas

Nyatanya, minyak goreng yang belum betul-betul panas dapat menggagalkan masakanmu!

Ini disebabkan karena minyak yangbelum panas akan terserap secara berlebihan pada bahan makanan yang digoreng, apabila suhunya kurang dari 177 derajat Celcius.

Apabila Anda telah terlanjur mencelupkan bahan makanan ke dalam minyak yang belum panas, usahakan untuk segera mengangkatnya dan tunggulah hingga minyak benar-benar panas dan goreng kembali.

Ini dilakukan agar masakan buatanmu tidak gagal.

Baca Juga: 4 Tips Memasak Daging yang Matang, Lezat, dan Empuk Ala Restoran Bintang Lima

Membuang air pasta

Membuang air pasta bisa bikin masakanmu jadi gagal. Namun sayangnya, kesalahan yang satu ini cukup sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

Air bekas rebusan pasta mengandung banyak saripati kanji yang berguna untuk menambah cita rasa ketika anda memasak saus pasta.

Saus pasta yang dihasilkan dari air bekas rebusan pasta memiliki cita rasa yang lebih gurih dan terasa nikmat di lidah. Masakanmu takkan gagal dengan mencoba tips yang satu ini!

Baca Juga: Suka Pedas? Intip 3 Metode Koki Meksiko yang Bikin Rasa Cabai Semakin Pedas

Terlalu sering membuka panci

Selanjutnya, dalam memasak, terlalu sering membuka panci dapat menggagalkan masakan buatanmu. Terutama dalam membuat kue, adonan yang sedang dimasak jadi tidak matang merata.

Membuka tutup panci kukus/oven sesekali memang wajib, untuk mengukur tingkat kematangan. Namun, jika terlalu sering dilakukan, maka akan membuat suhu menurun & jadi tidak konsisten. Alhasil, masakan buatanmu jadi gagal dan mengeras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News