ads

4 Bahan Alami Ini Berguna untuk Membersihkan Daun Agar Mengilap, Cek yuk!

Sumber: Potmefarm
Kamis, 27 Januari 2022 | 10:37 WIB
4 Bahan Alami Ini Berguna untuk Membersihkan Daun Agar Mengilap, Cek yuk!

ILUSTRASI. 4 Bahan Alami Ini Berguna untuk Membersihkan Daun Agar Mengilap, Cek yuk!


MOMSMONEY.ID - Ternyata memelihara tanaman daun tidak hanya sebatas rajin menyiram, memupuk, dan meletakkannya di bawah sinar matahari. Tanaman hias daun lebar seperti aglonema, philodendron, anthurium, calathea, dan sejenisnya juga perlu dibersihkan daunnya.

Pembersihan daun tanaman hias akan membuatnya terhindar dari debu, mengilap, dan tampak sehat. Nah, ada berbagai cara untuk membersihkan daun agar mengilap, yakni menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah. Berikut bahan-bahannya.

Baca Juga: Langkah Tepat Merawat Tanaman Anggrek yang Perlu Anda Ketahui

Air Biasa

Membersihkan daun tanaman hias untuk sehari-hari dapat menggunakan air biasa yang bersih. Ini bertujuan untuk membersihkan daun dari debu-debu dan kotoran yang menempel. Anda dapat menyemprotkan air secukupnya saja.

Larutan Susu Murni

Selanjutnya menggunakan larutan susu. Susu yang digunakan harus susu murni ya, Moms. Dilansir dari potmefarm.com, cara menggunakannya, campurkan susu dan air dengan perbandingan 1:1, aduk rata, kemudian semprotkan untuk membersihkan permukaan daun.

Baca Juga: Ingin Tanam Sayur? Berikut Panduan yang Perlu Anda Ikuti agar Hasilnya Bisa Maksimal

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin yang bisa menutrisi daun aglonema, sifatnya yang asam dapat mengusir berbagai macam mikroorganisme yang bisa mengganggu tanaman. Cara menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil isi perasaan jeruk nipis dan dilarutkan dengan 200 ml air, kemudian aduk merata.

Setelah daun aglonema dibersihkan dengan lap, semprotkan larutan secukupnya. Saat proses ini, jauhkan tanaman dari sinar matahari secara langsung. Karena perawatan ini cukup sensitif, Anda hanya boleh menggunakannya sekali saja dalam sebulan.

Santan

Santan dapat membuat tanaman menjadi mengilap dan tahan lama. Cara menggunakan, bersihkan daun terlebih dahulu dengan air biasa dan biarkan hingga kering. Selanjutnya, Anda dapat menyemprotkan santan ke bagian daun dan tunggu beberapa menit, lalu lap menggunakan kain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru