HOME, Bugar

Vaksin Covid-19 Efektif Membentuk Imun Tubuh

Vaksin Covid-19 Efektif Membentuk Imun Tubuh

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Pemerintah terus berupaya untuk mempercepat proses vaksinasi dalam menanggulangi covid-19 dengan menargetkan herd immunity bisa tercapai di beberapa daerah pada bulan Agustus nanti. 

Meskipun tingkat efektivitas vaksin untuk membasmi covid-19 beberapa kali masih dipertanyakan, masyarakat masih percaya bahwa vaksin dapat secara efektif membentuk imun tubuh seseorang.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Dody AS Dalimunthe yang telah menerima dua dosis vaksin Sinovac pada April lalu berpendapat bahwa vaksinasi ini merupakan bentuk upaya untuk membuat imun tubuh agar bisa kuat dalam menghadapi virus korona dan dapat menciptakan herd immunity.

“Sejauh ini memang ada banyak jenis vaksin. Dan sepanjang sudah dilakukan uji klinis serta dinyatakan lulus maka vaksin itulah yang terbaik untuk diberikan ke akseptor,” ujar Doddy kepada KONTAN.

Baca Juga: Promo Superindo 22 Juni 2021, Minyak Goreng Sania bisa Rp 23.900!

Ia juga melihat ada informasi yang beredar bahwa virus korona ini mulai bermutasi. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa vaksin harus spesifik diberikan untuk jenis virus tertentu. 

“Tentunya perlu dijelaskan juga kepada masyarakat konsekuensinya terkait yang sudah di vaksin,” tambahnya.

Pendapat serupa juga diungkapkan salah satu karyawan swasta, Pradanu yang mengibaratkan vaksinasi merupakan payung untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi. Ia mengaku telah mendapatkan 1 dosis vaksin sinopharm yang didapatkan melalui vaksinasi gotong royong.

“Vaksin ibaratnya payung.Saat ada hujan kalau kita bawa payung pasti tetap kena cipratan air hujan tapi sedikit. Apabila tidak pakai payung atau alat pelindung diri apapun kita kena air hujan yang banyak dan jadi basah kuyup,” ujarnya.

Baik Doddy maupun Pradanu, keduanya sama-sama mengatakan bahwa protokol kesehatan tetap perlu dilakukan walaupun sudah mendapatkan vaksin covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Perlu Anda Ketahui, Berikut 4 Penyebab Cegukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News