HOME, Bugar

Urutan Skin Care Di Pagi Hari Agar Tetap Kinclong Saat WFH

Urutan Skin Care Di Pagi Hari Agar Tetap Kinclong Saat WFH

MOMSMONEY.ID - Moms, masih ada yang bingung nggak, sih, dengan cara mengaplikasikan skin care yang tepat dan sesuai urutan di pagi hari?

Jangan sampai salah urutan skin care, deh, kalau nggak mau kulit jadi makin breakout. 

Walaupun saat ini mobilitas keluar rumah sedang dibatasi, namun skin care harus tetap digunakan dengan benar ya. Terutama kalau mau tetap terlihat segar saat WFH di pagi hari. 

Merangkum dari Instyle, beberapa dermatologist telah merekomendasikan urutan yang benar dalam mengaplikasikan skin care untuk di pagi hari.

Baca Juga: Selain untuk Daya Tahan Tubuh, Ini Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Step 1: Cleanser

Gunakan cleanser atau pembersih wajah yang lembut agar kelembapan kulit tetap terjaga. Jauhi cleanser yang membuat kulit makin kering setelah digunakan. Mencuci muka dua kali sehari saat pagi dan malam, dapat menghindarkan kulit kita dari pori-pori tersumbat, kulit kusam, dan tumbuhnya jerawat.

Step 2: Toner

Toner dapat digunakan baik untuk skin care di pagi maupun malam hari. Cara mengaplikasikan toner paling efektif adalah dengan mengaplikasikan langsung dengan tangan yang bersih dan kemudian berikan tepukan pelan di area wajah. 

Jordana Mattioli, seorang ahli kecantikan estetik juga menyarankan untuk menggunakan toner yang dapat meng-eksfoliasi kulit pada malam hari. Tapi ingat, jangan gunakan toner tersebut setiap hari, ya. Beri jeda dua hari sekali agar kulit tidak mudah iritasi.

Step 3: Serum

Saat menggunakan skin care di pagi hari, ada baiknya untuk menggunakan serum yang memiliki fungsi untuk melembabkan kulit. Serum memiliki bahan aktif yang dapat membantu kulit terhindar dari flek hitam dan keriput. 

Bagi pemula, sebaiknya pilihlah serum dengan bahan hyaluronic acid atau niacinamide. Selain untuk melembabkan kulit, serum jenis ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada wajah dan mengurangi inflammatory. 

Baca Juga: Memilih Vitamin A yang Ada di Sekitar Kita, Tak Harus Membeli Suplemen

Step 4: Eye Gel

Ladies, eye gel bukan hanya digunakan saat malam ya! Gunakan juga eye gel pada pagi hari agar kulit di area mata tetap ter-hidrasi dengan baik. Area sekitar mata adalah area kulit yang tipis dan mudah iritasi. Ada baiknya untuk memilih eye gel atau eye cream dengan bahan aktif ringan namun tetap dapat melembapkan area sekitar mata.

Step 5: Moisturizer

Moisturizer atau pelembap merupakan skin care yang digunakan untuk mengunci kelembaban kulit selama beraktifitas sehari penuh. Perhatikan juga kondisi kulit, ya ladies. Jika kulitmu berminyak, sebaiknya pilih moisturizer yang bertekstur gel.

Untuk kulit kombinasi atau normal, gunakan moisturizer dengan tekstur lotion. Sedangkan untuk kulit kering, pilih moisturizer dengan tekstur krim agar kulit tetap terhidrasi dengan baik, ya.

Step 6: SPF

Selalu ingat untuk menggunakan SPF baik di dalam maupun di luar rumah, ya,ladies! SPF merupakan skin care yang penting dan harus selalu digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan rutin menggunakan tabir surya, kita dapat menghindari timbulnya keriput maupun garis halus disekitar wajah.

Ladies, rutin menggunakan tabir surya juga dapat membantu kita untuk terhidar dari bahaya resiko kanker kulit, lo. Gunakan selalu tabir surya bila perlu ulangi pemakaian terutama untuk kalian yang tinggal di daerah tropis.

Selanjutnya: Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News