HOME, Bugar

Sebaiknya Anda Ketahui, Ini 4 Pantangan Ibu Hamil

Sebaiknya Anda Ketahui, Ini 4 Pantangan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Saat hamil, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah dengan mewaspadai beberapa pantangan ibu hamil.

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi memang tidak membahayakan Anda. Namun, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu kondisi janin dalam kandungan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tentu saja Anda perlu memerhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke tubuh. Guna lebih memastikan, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Alih-alih mengonsumsi makanan-makanan dalam artikel ini, biasanya dokter akan memberikan saran menu sehat yang lain. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Ikan

Beberapa jenis ikan termasuk dalam pantangan ibu hamil, lo. Mengutip dari laman NHS, Anda perlu membatasi konsumsi ikan tuna.

Alasannya, jenis ikan itu mengandung merkuri yang cukup tinggi. Merkuri yang masuk ke tubuh Anda dapat membahayakan kesehatan tubuh janin dalam kandungan Anda.

Selain ikan, sebaiknya hindari konsumsi kerang mentah. Kerang mentah mengandung banyak bakteri, virus, atau zat racun yang berbahaya untuk tubuh.

Alih-alih mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah untuk mengonsumsi ikan atau seafood lain yang sudah dimasak.

Baca Juga: Agar Asam Lambung Tidak Naik, Hindari Buah-Buahan Berikut

Daging

Daging mentah jadi salah satu jenis makanan yang sebaiknya tak Anda konsumsi selama hamil. Meski memiliki persentase yang rendah, mengonsumsi daging mentah dapat mengakibatkan keguguran.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi jeroan karena bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kafein

Mengonsumsi kafein terlalu banyak termasuk salah satu pantangan ibu hamil.

NHS menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tak mengonsumsi kafein secara berlebihan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

Ada banyak sumber kafein selain kopi yang perlu Anda perhatikan. Misalnya, cokelat hitam atau susu cokelat, teh, minuman berkarbonasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Jalan Santai Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Telur

Telur mentah atau setengah matang jadi pantangan ibu hamil berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Selain telur ayam, telur bebek atau telur puyuh juga perlu dimasak hingga benar-benar matang agar tak membahayakan kesehatan Anda dan janin.

Telur yang masih mentah atau setengah matang rentan mengandung Salmonella. Meski tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, Salmonella bisa menyebabkan keracunan makanan.

Selanjutnya: Panduan Isolasi Mandiri Covid-19 di Rumah, Simak 3 Hal Penting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News