HOME, AturUang

Pentingnya Siapkan Dana Darurat untuk Keluarga

Pentingnya Siapkan Dana Darurat untuk Keluarga

MOMSMONEY.ID - Pentingnya siapkan dana darurat sedini mungkin memang perlu dipikirkan untuk semua keluarga. Apalagi pandemi wabah COVID-19 ini memang berdampak pada banyak sektor, ekonomi merupakan salah satunya.

Dilansir dari globalfinance.de, pengertian yang tepat dari dana darurat adalah sumber uang yang dialokasikan dari penghasilan individu untuk disisihkan namun dapat digunakan sewaktu-waktu ketika keadaan mendesak.

Banyak sekali orang  yang mengalami pemotongan gaji, dirumahkan, atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal ini, sangat memberi efek pada keuangan keluarga. Tiba-tiba kaget harus pakai uang tabungan yang mestinya digunakan untuk hal lain, akhirnya harus terpakai karena tidak memiliki dana darurat.

Itulah kenapa dalam mengelola keuangan perlu disiapkan pos dana darurat. Apakah kamu sudah menyadarinya dan mempersiapkan dana darurat? Atau kamu masih bingung, memangnya kita perlu dana darurat? Memang menyiapkan dana darurat sekarang buat apa sih?

Baca Juga: Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi Covid-19  

Biar kamu makin paham dana darurat untuk keluarga, yuk kita bahas apa aja sih pentingnya siapkan dana darurat sedini mungkin. 

Bisa digunakan Saat Kehilangan Pekerjaan

Jika saat ini kamu sedang dalam pekerjaan yang tepat dan jabatan yang baik, ini adalah waktu yang tepat untuk menabung dana darurat. Karena jika suatu saat kamu kehilangan pekerjaan maka sudah dipastikan kamu akan kehilangan pendapatan. Padahal kebutuhan hidup harus terus tercukupi.

Dana darurat bisa kamu gunakan sebagai cadangan selama belum mendapatkan pekerjaan yang baru.

Kecelakaan atau Sakit

Bagaimana jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit dan harus dirawat di rumah sakit? Pasti semuanya akan butuh biaya yang lebih. Di sinilah dana darurat sangat bisa diandalkan.

Misalnya, di tengah pandemi virus corona (Covid-19), kita tidak akan pernah tahu jika tiba-tiba kita harus melakukan test swab mandiri, beli obat kesana-kemari. Jika tidak mempunyai dana darurat, kamu akan semakin kesusahan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih urgent.

Baca Juga: Susu Beruang Sembuhkan Covid, Benarkah?  

Perbaikan Aset

Bukan hidup namanya kalau semua berjalan baik-baik saja. Jika tiba-tiba leptop kerjamu rusak, rumah bocor, motor perlu diservis dadakan dan hal-hal lainnya yang tidak sempat kamu pikirkan terjadi, mau menyelesaikan semuanya pakai apa??

Hal-hal di luar perhitungan seperti inilah yang mengharuskan kamu dan keluarga memiliki dana darurat. Sisihkan pendapatan untuk memiliki dana darurat mulai sekarang.

Sekarang, kamu sudah tahu seberapa pentingnya dana darurat, kan? Tujuan utamanya adalah untuk menolongmu bertahan ketika ada di situasi darurat. Namanya juga dana darurat.

Jadi, buat kamu yang belum memiliki dana darurat, yuk segera kumpulkan dana darurat mulai sekarang. Sisihkan dengan rutin 10% dari gaji dan menabunglah secara rutin. Kalau dana darurat sudah terpakai, jangan lupa diisi lagi ya.

Selanjutnya: Panduan Makanan Sehat Selama Isoman, Apa Saja, Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News