HOME, Bugar

Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Ini Caranya

Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Ini Caranya

MOMSMONEY.ID - Pandemi COVID-19 sudah berlangsung selama satu setengah tahun. Pada titik ini, banyak orang yang sudah paham akan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri di masa pandemi. Namun, banyak juga yang lupa bahwa kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan jasmani.

Padahal, kesehatan mental menjadi salah satu masalah serius selama pandemi, lho. Kehidupan yang mendadak berubah saat pandemi menyebabkan banyak orang merasa kesepian, stres, dan cemas.

Jika kita tidak bisa mengelola stres dengan baik, keseharian kita bisa terganggu. Stres yang dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan perubahan nafsu makan, kesulitan berkonsentrasi, kesulitan tidur, hingga penurunan kesehatan fisik.

Baca Juga: Ini Dia Gaya Hidup Terhindar dari Covid-19

Nah, bagaimana caranya supaya kita bisa menjaga kesehatan mental supaya tetap waras selama pandemi? Centers for Disease Control atau CDC sudah merangkum tips-tips yang bisa kita contoh untuk membantu mengelola kesehatan mental selama pandemi, di antaranya:

Kurangi mengonsumsi informasi soal pandemi

Tidak ada salahnya mengikuti perkembangan informasi soal pandemi. Namun, terus-terusan terpapar informasi tersebut bisa berdampak buruk pada mental.

Jika Moms merasa jenuh dan kewalahan dalam menerima informasi, ada baiknya untuk mengurangi intensitas berita yang dikonsumsi sehari-hari.

Jaga kesehatan jasmani

Kesehatan jasmani dan mental sangat berkaitan. Jika jasmani kita sehat, kesehatan mental akan mengikuti dengan sendirinya.

Ada banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jasmani. Misalnya rutin berolahraga, makan makanan bergizi, bermeditasi, tidur cukup, dan menghindari rokok serta alkohol.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi Covid-19

Bersantai

Kesibukan bekerja dan sekolah dari rumah kadang bisa terasa membosankan. Tidak jarang juga ada yang merasa penat.

Nah, kalau sudah begitu, sempatkan diri untuk bersantai, ya. Bisa dengan melakukan hobi atau mencoba hal-hal baru seperti memasak, merajut, atau berkebun. Dijamin bisa mengalihkan pikiran!

Bersosialisasi dengan orang lain

Social distancing atau pembatasan jarak sosial bukan berarti kita harus berhenti bersosialisasi, lho. Saling mendukung satu sama lain justru menjadi kunci untuk hidup di masa pandemi. Selain itu, sda kalanya kita butuh orang lain untuk mendengarkan keluh kesah kita selama masa sulit ini.

Beruntungnya, pandemi ini terjadi di masa teknologi sudah berkembang pesat. Ada banyak sekali sarana berkomunikasi yang bisa kita manfaatkan tanpa harus bertatap muka langsung. Jangan lupa, pastikan Moms dikelilingi dengan orang-orang yang baik dan suportif.

Nah, itu tadi cara-cara yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan mental. Jika Moms merasa butuh bantuan dalam menangani masalah kesehatan mental, jangan ragu untuk menghubungi profesional seperti psikolog dan psikiater, ya.

Selanjutnya: 4 Ide Kegiatan Di Rumah Saja Saat PPKM Darurat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News