HOME, Keluarga, Bugar

Manfaat Sayur dan Buah Berdasarkan Warna

Manfaat Sayur dan Buah Berdasarkan Warna

MOMSMONEY.ID – JAKARTA. Buat menjaga imun tubuh selama pandemi, moms dan keluarga perlu mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin.

Yang perlu moms ketahui lebih dalam, bahwa tubuh kita perlu mengkonsumsi aneka sayur dan buah.

Dokter Siti Shafariah dari Klinik SB Medika mengatakan, sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga untuk melengkapi mikronutrien, antioksidan, polifenol, maka Anda harus melakukan rotasi dalam mengkonsumsi sayur dan buah.

“Antioksidan dan polifenol berperan dalam pencegahan kanker, penyakit degeneratif dan penyakit tidak menular,” kata Dokter Siti.

Lanjutnya, sayur dan buah punya warna yang berbeda-beda sehingga kandungan vitamin dalam sayur dan buah juga akan berbeda.

Yuk simak penjelasannya.

1. Sayur dan buah berwarna hijau kaya akan kalium, asam folat, vitamin K dan C. Selain juga mengandung lutein dan zeaxantin yang bermanfaat untuk mata, serta mengandung indoles yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah kanker dan meredakan peradangan.

2. Sayur dan buah berwarna oranye-merah yang mengandung likopen sebagai anti kanker, serangan jantung dan mengontrol tekanan darah, mengandung antosianin sebagai anti kanker, melindungi sel dan memperbaiki fungsi ingatan

3. Sayur dan buah berwarna ungu mengandung resveratrol sebagai pelindung terhadap mikroba, anti kanker, dan melindungi jantung, serta mengandung antosianin.

4. Sayuran dan buah berwarna putih mengandung allicin yang membantu menstabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mengandung quercetin yang dapat melebarkan pembuluh darah, meredakan alergi, mencegah infeksi dan kanker serta sebagai anti peradangan.

Agar sayuran dan buah tetap punya manfaat sempurna, usahakan memasak sayur untuk sekali makan. Sebab, sayur yang dipanaskan ulang akan kehilangan vitamin dan nutriennya dan hanya menyisakan serat.

Jika sayuran dimasak tumis, sebaiknya hanya 3 menit saja terkena api dan segera pindahkan dari wajan. Nah, untuk lalap, cuci bersih sayuran di atas air mengalir di kedua sisi sayur.

Untuk buah, cuci bersih buah di bawah air mengalir sebelum dipotong/dikupas, buah akan lebih banyak manfaatnya saat dimakan langsung, dibandingkan dengan diolah sebagai jus.

Sekedar informasi,  WHO merekomendasikan konsumsi sayur dan buah 400 gram per hari.

Yuk makan sayur dan buah..

Baca Juga: Sebaiknya Anda Ketahui, Ini 4 Pantangan Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News