HOME, Bugar

Jangan Panik Bila Anda Terpapar Covid-19, Segera Lakukan Ini!

Jangan Panik Bila Anda Terpapar Covid-19, Segera Lakukan Ini!

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Dengan kembali meningkatnya angka positif Covid-19 di Indonesia yang sudah melebihi 2 juta kasus, tentu saja masyarakat kembali menjadi resah.

Namun, untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat, perasaan bahagia sebaiknya dipelihara agar terhindar dari perburukan bila sudah terpapar.

Nah, buat kalian yang sekarang sedang terpapar Covid-19 jangan sedih ya. Kalian bisa menerapkan beberapa tip berikut ini sambil tetap menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

Dilansir dari lama Instagram @Pandemictalks, hal pertama yang bisa dilakukan saat terpapar Covid-19 adalah dengan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Lama isolasi mandiri untuk orang tanpa gejala (OTG) bisa dilakukan 10 hari sejak terkonfirmasi positif.

Sedangkan untuk orang dengan gejala ringan bisa isolasi mandiri 10 hari sejak muncul gejala dan ditambah 3 hari setelah bebas gejala demam atau gangguan pernafasan.

Isolasi mandiri sangat penting dilakukan untuk menjaga orang dan lingkungan agar tidak ikut terpapar, tetapi mesti diingat juga ruangan isolasi mandiri harus diperhatikan.

Misalnya ruang islolasi harus terpisah, memiliki ventilasi udara yang baik, alat protokol kesehatan seperti air mengalir, sabun, masker, sarung tangan dan yang paling penting ada satu orang tanpa komorbid yang bisa merawat kalian.

Selama isolasi mandiri, tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan isolasi, sedangkan kegiatan lainnya bisa dilakukan kok.

Selama melakukan isoman selalu gunakan masker dan bungkus masker sebelum dibuang, lakukan pengecekan kesehatan secara berkala, tidak kontak dengan anggota keluarga lain, serta selalu membersihkan permukaan benda dan konsumsi vitamin.

Anda juga disarankan untuk melaporkan perkembangan kondisi kesehatan dan tetap melakukan olahraga ringan 15-30 menit.

Asal disiplin menjalankan protokol kesehatan selama isolasi mandiri, kalian pasti bisa melewati masa sulit ini dan berkontribusi besar untuk menyelamatkan lingkungan serta keluargamu.

Apabila selama isolasi mandiri kalian masih mengalami gejala sebaiknya melapor ke puskesmas untuk segera dirujuk ke rumahsakit ya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 meledak, zona merah corona per 20 Juni 2021 malah turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News