HOME, Bugar

Cara memutihkan wajah, coba gunakan 6 bahan alami ini

Cara memutihkan wajah, coba gunakan 6 bahan alami ini

MOMSMONEY.ID - Selain menggunakan produk-produk yang dijual di pasaran, masih banyak cara memutihkan wajah yang bisa Anda coba. Dengan memakai bahan-bahan alami, salah satunya.

Dengan pemakaian rutin, warna kulit Anda menjadi lebih cerah dan terlihat sehat.

Sebelum mengenal lebih jauh bahan apa saja yang bisa Anda pakai, sebaiknya Anda ketahui dulu mengapa warna kulit wajah kusam dan tak cerah.

Pertama, kulit kusam bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Misalnya, kurang minum air putih, merokok, dan tidak mengonsumsi makanan bergizi.

Kedua, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi sehari-hari. Usahakan untuk menjaga kondisi kulit dengan memakai sunscreen atau pelindung sinar matahari yang lain.

Nah, supaya kondisi kulit tak semakin buruk, cobalah untuk memanfaatkan beberapa bahan ini:

Madu dan lemon

Laman Stylecraze merekomendasikan madu dan lemon untuk mencerahkan warna kulit. Kandungan dalam bahan alami tersebut efektif mengatasi pigmentasi sehingga warna kulit semakin cerah dan noda hitam yang muncul dapat tersamarkan.

Pertama-tama, campur air perasan satu lemon dengan 1 sdt madu. Aduk rata lalu aplikasikan pada kulit wajah selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

Karena bisa menimbulkan iritasi, Anda perlu melakukan uji coba dulu sebelum menggunakan campuran itu di seluruh kulit wajah.

Baca Juga: Cara memutihkan kulit ketiak yang hitam dengan bahan alami

Yogurt dan madu

Selain dikombinasikan dengan lemon, madu juga bisa Anda campur dengan yogurt. Yogurt mampu mengurangi pigmentasi berlebih sehingga cocok digunakan sebagai cara memutihkan wajah.

Langkah yang perlu Anda lakukan pun mudah. Caranya, campur ½ gelas yogurt dengan 1 sdt madu hingga rata. Aplikasikan campuran itu pada dan leher selama 20 menit kemudian bilas dengan air.

Untuk mendapat hasil maksimal, usahakan untuk melakukannya dua kali dalam seminggu.

Lemon dan pepaya

Mengutip dari Stylecraze, lemon dan pepaya adalah kombinasi bahan alami yang mampu mencerahkan warna kulit. Tak hanya itu, lemon dan pepaya juga efektif mengatasi noda hitam di wajah dan meningkatkan produksi kolagen.

Anda perlu menumbuk pepeya matang hingga halus terlebih dahulu. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes air lemon lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran itu pada kulit wajah selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit

Lidah buaya dan brown sugar

Salah satu cara memutihkan wajah adalah dengan memakai kombinasi lidah buaya dan brown sugar.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda pakai sebagai cara memutihkan wajah adalah lidah buaya dan brown sugar. Senyawa dalam bahan-bahan tersebut mampu menghambat sintesis melanin sehingga efektif digunakan untuk mencerahkan wajah.

Caranya, campur 1 sdm gel lidah buaya dengan 1 sdm brown sugar. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah dan leher lalu diamkan dulu selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air.

Ulangi langkah tersebut dua kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Berasal dari bahan alami, berikut 4 cara memutihkan badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News