HOME, Keluarga

Cara efektif atasi kaki bengkak di masa kehamilan, apa saja?

Cara efektif atasi kaki bengkak di masa kehamilan, apa saja?

KONTAN.CO.ID - Selama hamil, ada banyak perubahan dalam tubuh yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah kaki bengkak saat hamil. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi itu bisa hilang seiring usia kehamilan yang bertambah.

Pada trimester pertama, perubahan hormon dapat memperlambat sistem pencernaan. Akibatnya, tak hanya perut kembung yang Anda alami, tapi bagian tubuh yang lain juga mengalami pembengkakan, misalnya kaki, wajah, dan tangan.

Mengutip dari Healthline, penyebab kaki bengkak saat hamil di trimester kedua adalah meningkatkan jumlah darah dan cairan dalam tubuh. Apalagi, saat Anda melakukan banyak berjalan dan cuaca di lingkungan Anda sedang panas.

Kaki bengkak masih terus berlanjut saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Selain jumlah cairan dan darah yang bertambah, aliran darah menuju kaki terhambat akibat ukuran janin yang membesar.

Anda tak perlu khawatir jika mengalami kaki bengkak saat hamil karena hal itu bisa diatasi dengan cara berikut:

Baca Juga: Catat, berikut posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil

Kurangi konsumsi sodium dan kafein

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung sodium dan kafein selama hamil bisa mengurangi kaki bengkak. Mengonsumsi banyak garam mengakibatkan tubuh menahan lebih banyak air sehingga beberapa bagian tubuh membengkak.

Sedangkan kafein membuat Anda sering buang air kecil. Akibatnya, tubuh menahan cairan lebih banyak.

Selain itu, membatasi konsumsi kafein juga baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Jika Anda memang ingin mengonsumsi kopi, ada baiknya untuk memiliki kopi dekafein.

Jalan

Cara mengatasi kaki bengkak berikutnya yang bisa Anda coba adalah rutin jalan. Healthline merekomendasikan Anda untuk berjalan selama lima hingga 10 menit beberapa kali sehari.

Dengan begitu, aliran darah lebih lancar sehingga kaki bengkak pun dapat berkurang.

Baca Juga: Ini 6 tanda bahaya kehamilan, para ibu hamil wajib waspada

Gunakan pakaian yang longgar

Memakai pakaian yang longgar juga bisa jadi salah satu cara mengurangi kaki bengkak saat hamil, lo. Saat menggunakan pakaian yang ketat, aliran darah menjadi lebih terhambat sehingga kaki bengkak pun semakin parah.

Perbanyak konsumsi kalium dan air putih

Mengatur pola makan selama hamil penting untuk Anda lakukan. Saat hamil, sebaiknya tingkatkan asupan kalium dan air putih.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti kentang, pisang, dan bayam, keseimbangan cairan dalam tubuh dapat terjaga.

Cobalah untuk minum minimal 10 gelas air putih per hari. Jumlah tersebut bisa berubah sesuai dengan aktivitas dan cuaca di lingkungan Anda.

Dengan minum banyak air putih, tubuh Anda terhindar dari dehidrasi dan membantu ginjal memaksimalkan fungsinya agar kotoran penyebab pembengkakan bisa dikeluarkan.

Selanjutnya: 6 Ciri-ciri orang hamil ini bisa Anda alami, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News