HOME, Bugar

5 Makanan Pemicu Jerawat, Ada Baiknya Anda Hindari

5 Makanan Pemicu Jerawat, Ada Baiknya Anda Hindari

MOMSMONEY.ID - Kemunculan jerawat bisa semakin parah akibat makanan dan minuman yang Anda konsumsi, lo. Karena itu, menghindari makanan penyebab jerawat penting untuk Anda lakukan.

Melansir Skin Kraft, mengonsumsi cokelat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Meski Anda mengonsumsi cokelat tanpa pemanis tambahan, risiko kemunculan masalah kulit itu masih tetap tinggi.

Hal tersebut semakin parah saat Anda memiliki tipe kulit berminyak dan terjadi perubahan hormon dalam tubuh.

Selain cokelat, tentu masih banyak jenis makanan lain yang mengakibatkan jerawat mudah muncul. Mulai dari makanan berminyak hingga produk olahan susu.

Produk olahan susu

Sebuah penelitian menunjukkan, risiko kemunculan jerawat meningkat saat para partisipan mengonsumsi produk olahan susu.

Belum bisa dipastikan apa hubungan antara kandungan dalam produk olahan susu dan kemunculan jerawat. Namun, ada baiknya bagi Anda untuk mewaspadai jenis makanan tersebut.

Baca Juga: Perlu Diketahui Sejak Dini, Ini Tanda Kelelahan Pernikahan

Makanan berminyak

Makanan berminyak dapat memicu kemunculan jerawat karena mengandung banyak lemak. Selain gorengan, masih banyak jenis makanan berminyak yang perlu Anda hindari. Misalnya, burger, kentang goreng.

Protein hewani

Menurut Skin Kraft, makanan yang mengandung protein hewani termasuk salah satu jenis makanan penyebab jerawat, lo.

Perhatikan kondisi kulit Anda setiap selesai mengonsumsi daging merah atau sumber protein hewani lainnya. Jika muncul banyak jerawat, usahakan untuk menghindari jenis makanan tersebut.

Gula

Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula perlu Anda waspadai karena bisa meningkatkan risiko kemunculan jerawat.

Jenis pemanis itu mudah masuk dalam aliran darah sehingga membuat lonjakan gula darah. Saat hal itu terjadi, kemunculan jerawat pun lebih mudah terjadi.

Asam lemak Omega-6

Makanan penyebab jerawat lainnya yang perlu Anda hindari adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-6. Bukan tanpa alasan, jenis lemak itu dapat mengakibatkan inflamasi sehingga memperparah kondisi kulit yang mudah berjerawat.

Baca Juga: Sakit Asam Lambung BIsa Diredakan Dengan Air Rebusan Daun Kemangi

Makanan untuk mencegah jerawat

Daripada mengonsumsi makanan penyebab jerawat, jenis makanan lain perlu Anda konsumsi untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Alih-alih mengonsumsi makanan-makanan yang dapat menimbulkan jerawat, ada banyak jenis makanan yang berguna untuk mencegah kemunculan masalah kulit tersebut.

Pertama, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, vitamin D, dan vitamin E.

Kedua, Anda juga bisa mengonsumsi jenis makanan yang lain. Mulai dari kunyit, makanan yang mengandung probiotik, hingga zinc.

Jika kemunculan jerawat tak berkurang dan semakin parah, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Hospital Playlist 2 Tayang Perdana, Rating Drakor Terbaru Molonjak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News